Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 29 September 2025

Materi Ajar Kelas 5 (Selasa 30 September 2025)

Hari/Tanggal : Selasa 30 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Siklus Air
2. Pend. Pancasila : Hubungan Antar Sila dalam Pancasila

CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Murid dapat menjelaskan terjadinya siklus air dan perubahan-perubahan di permukaan bumi dan dapat menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan masyarakat.


IPAS
Siklus Air

Siklus air, atau siklus hidrologi, adalah gerakan air yang berkelanjutan antara atmosfer dan permukaan bumi melalui berbagai proses, termasuk evaporasi (penguapan), transpirasi, kondensasi (pengembunan menjadi awan), presipitasi (hujan, salju), dan limpasan. Proses ini penting untuk menjaga ketersediaan air di bumi, di mana air berpindah dari lautan dan daratan ke atmosfer dan kembali lagi dalam rangkaian yang tak pernah berhenti.

Tahapan Utama dalam Siklus Air:
Evaporasi dan Transpirasi:
Evaporasi: Air dari permukaan bumi (seperti laut, danau, sungai) menguap menjadi uap air karena panas matahari, lalu naik ke atmosfer.

Transpirasi: Tumbuhan melepaskan uap air dari daunnya ke atmosfer, yang juga berkontribusi pada peningkatan jumlah uap air.

Kondensasi:
Uap air di atmosfer yang dingin mengalami pengembunan dan berubah kembali menjadi tetesan air atau kristal es, membentuk awan.

Presipitasi:
Tetesan air atau kristal es yang terkumpul di awan kemudian jatuh ke permukaan bumi dalam berbagai bentuk, seperti hujan, salju, atau hujan es, karena tarikan gravitasi.

Infiltrasi dan Limpasan:
Infiltrasi: Air hujan yang jatuh ke bumi meresap ke dalam tanah dan menjadi air tanah atau mengalir ke akuifer.

Limpasan: Sebagian air mengalir di atas permukaan tanah menuju sungai, danau, dan akhirnya kembali ke laut.

Bagaimana Siklus Air Berlanjut:
Air yang kembali ke lautan dan badan air lainnya akan kembali menguap akibat panas matahari, memulai siklus baru lagi. Proses ini memastikan bahwa air terus tersedia dalam berbagai bentuk di bumi, menopang kehidupan dan menjaga keseimbangan ekosistem.,

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Proses menguapnya air yang ada di permukaan bumi (danau, sungai, laut) karena panas matahari disebut ....
a. Kondensasi
b. Presipitasi
c. Evaporasi
d. Infiltrasi


2. Uap air di atmosfer akan mengalami proses pengembunan (berubah menjadi titik-titik air) dan membentuk awan. Proses ini disebut ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi


3. Jatuhnya titik-titik air dalam bentuk hujan ke permukaan bumi disebut ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Transpirasi


4. Air hujan yang meresap ke dalam tanah akan menjadi cadangan air. Proses penyerapan air ke dalam tanah ini dinamakan ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi


5. Tumbuhan juga ikut serta dalam siklus air dengan mengeluarkan uap air melalui daunnya. Proses ini disebut ....
a. Evaporasi
b. Transpirasi
c. Kondensasi
d. Infiltrasi

    Pendidikan Pancasila

Pancasila sebagai ideologi bangsa.
  • Ideologi adalah pedoman atau cita-cita yang kita yakini bersama.
  • Pancasila menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara. Ini seperti peta atau kompas yang menunjukkan arah ke mana bangsa kita akan melangkah.
  • Nilai-nilai Pancasila digunakan untuk membuat peraturan, membangun negara, dan mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.
Contohnya:
Ketika pemerintah membuat aturan tentang pendidikan, aturan itu harus sesuai dengan nilai Pancasila. Misalnya, semua anak berhak sekolah tanpa memandang suku atau agama.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
  • Sebagai pandangan hidup, Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari.
  • Nilai-nilai ini sudah ada sejak dulu dalam budaya bangsa Indonesia, seperti gotong royong dan musyawarah.
  • Dengan Pancasila, kita memiliki cara pandang yang sama untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.
Contoh pengamalan dalam kehidupan sehari-hari (sesuai sila-sila Pancasila):
1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Menghormati teman yang berbeda agama saat mereka beribadah.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Membantu teman yang sedang kesulitan dan tidak mengejeknya.
3. Persatuan Indonesia: Bermain bersama dengan teman dari suku mana saja.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menentukan tugas piket.
5.Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi makanan dengan adil kepada teman-teman.

Pancasila sebagai identitas bangsa
  • Identitas adalah jati diri atau ciri khas yang membedakan kita dengan bangsa lain.
  • Pancasila membuat Indonesia menjadi unik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang berasal dari budaya bangsa sendiri.
  • Meskipun Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan budaya yang berbeda, Pancasila berhasil menyatukan kita semua.
  • Pancasila mengajarkan kita untuk hidup saling menghormati dan menghargai keberagaman.
Contohnya:
Meskipun teman-teman di kelas berasal dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda, kita tetap bisa bersatu sebagai satu bangsa Indonesia karena kita punya Pancasila.

Latihan soal :
1. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila bersifat...
a. Kaku dan tidak bisa berubah
b. Adaptif dan mampu berinteraksi dengan perkembangan zaman
c. Hanya berlaku untuk golongan tertentu
d. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan nasional

2. Pengamalan sila Pancasila yang paling mendasar tercermin dalam sikap...
a. Berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Saling tolong-menolong antar tetangga
c. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
d. Menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

3. Makna sila kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab) adalah...
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan sikap beradab di masyarakat
b. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang lain
c. Bersikap toleran terhadap perbedaan agama
d. Mengembangkan perilaku yang tidak adil terhadap sesama

4. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Hal ini berarti...
a. Semua peraturan harus bersumber dari Pancasila
b. Pancasila digunakan sebagai penentu keputusan partai politik
c. Pancasila hanyalah simbol negara semata
d. Pancasila hanya berlaku untuk masyarakat desa

5. Siswa-siswi SD Sukamaju mengikuti upacara bendera pada hari senin dengan tertib. Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila ke. . .
A. dua B. tiga C. empat D. lima

6. Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke kantin. Mereka mengantri dengan tertib untuk membeli makanan. Namun, ada seorang siswa yang menerobos antrian. Perilaku siswa tersebut bertentangan dengan Pancasila sila ke. .
A. 2 B. 3 C. 4 D. 5

7. Pancasila merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan Pancasila sebagai. . .
A. ideologi bangsa B. identitas bangsa
C. jati diri bangsa D. pandangan hidup

8. Warga negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah, sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai. . .
A. identitas bangsa B. pandangan hidup
C. hukum yang mengikat D. ideologi bangsa

9. Pancasila disebut juga sebagai way of life yang artinya Pancasila sebagai....
a. dasar negara b. kepribadian bangsa
c. pandangan hidup bangsa d. lambang negara

10. Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan Pancasila sebagai identitas bangsa di lingkungan sekolah, yaitu...
a. membeda-bedakan teman berdasarkan suku
b. mengikuti upacara bendera dengan tertib
c. berkelahi dengan teman
d. tidak mau bekerja kelompok

Demikian pembelajaran hari ini, mari kita tutup dengan hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 24 Oktober 2025)

Hari/Tanggal : Jumat 24 Oktober 2025Muatan Pembelajaran : IPAS : Melihat karena Cahaya Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami sist...

Postingan Populer