Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 07 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 dan 3 (Selasa 7 Maret 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Selasa, 7 Maret 2022
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 2 dan 3

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita akan belajar tema tujuh subtema dua pembelajaran dua dan tiga. Tuujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Memahami jenis pekerjaan saat membuat pakaian, memahami jenis kain adat, dan menetukan simetri lipat.

AYO MEMBACA

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon.

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian.

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakinmaju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern.



Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat.Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

AYO MENGAMATI

Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam,bukan?



Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?

Contoh keberagaman pekerjaan:

No.

Pekerjaan

Tugas yang Dilakukan

1

Petani Kapas

Menanam kapas

2

Pemintal Kapas

Memintal serat kapas menjadi benang

3

Penenun Kain

Menenun benang menjadi kain

4

Perancang Busana

Membuat rancangan baju

5

Penjahit

Membuat baju berdasarkan rancangan



AYO MEMBACA

Kain Adat Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang

Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.

Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat dengan cara ditenun tangan.


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kain adat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.


Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal 2 Oktober.

Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. Motif kain adatIndonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar. Amatilah motif kain adat berikut!

Gambarlah salah satu motif yang ada di atas di selembar kertas! Lalu, guntinglah sesuai bentuknya! Apakah motif pilihanmu memiliki simetri lipat? Ceritakan hasil temuanmu kepada teman-temanmu!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.

Amatilah motif kain adat berikut!


Bangun datar memiliki simetri lipat jika:
1. Dapat dilipat menjadi dua bagian yang sama besar
2. Lipatan saling menutupi dengan tepat
3. Memiliki sumbu simetri

Bagaimana pelajaran hari ini? Menyenangkan ya? hari ini kita sudah belajar tentang mengolah bahan dasara pakaian kemudian belajar tentang simetri lipat.

Tetap semangat berlatih dan belajar jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer