Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 08 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 (Rabu 8 Maret 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Rabu, 8 Maret 2023
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 4

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita belaja tema tujuh subtema dua pembelajaran empat. Tuujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, memahami jenis kain adat dan waktu kegunaanya, memahami perbedaan karakteristik individu.

AYO MEMBACA

Jenis-jenis Pakaian

Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.

Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal.

Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur.

Lani memiliki baju yang dipakai untuk berolahraga. Lani mengenakan baju olahraga yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bahan baju olahraga Lani mudah menyerap keringat. Lani dapat bergerak bebas dengan baju olahraganya.

Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu. Ada baju hangat yang digunakan saat udara dingin. Ada juga gaun yang biasa digunakan saat pergi ke pesta.



Lani bersyukur memiliki cukup pakaian. Ia teringat orang zaman dahulu yang hanya memiliki satu jenis pakaian. Lani menyayangi semua pakaiannya. Ia memakainya dengan hati-hati agar tidak cepat rusak.

Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Ada pakaian seragam, pakaian bermain, dan pakaian tidur. Berikut jenis-jenis pakaian saat ini!

No.

Jenis Pakaian

Contoh

1

Pakaian Sekolah

Seragam merah-putih, Baju Batik, Pakaian Pramuka

2

Pakaian Rumah

Kaus, Celana Selutut, Celana pendek, dan Rok.

3

Pakaian Olah Raga

Pakaian olah raga sekolah, Taining, Pakaian sepak bola,  Pakaian renang, dan Pakaian Ski

4

Pakaian Khusus

Baju Hangat, Baju Pesta, Pakaian mendaki gunung, dan Pakaian pantai, dan Pakaian memancing

5

Pakaian Adat

Pakaian adat Jawa. Pakaian adat Minangkabau, dan lain-lain

6

Pakaian Muslim

Tunik, Gamis, Koko, Hijab, Sarung, Abaya, Kaftan


Menghargai Perbedaan

Amati gambar di bawah ini!


Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu memakai kerudung dan baju yang menutupi seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara berpakaian, mereka tetap berteman baik. Mereka saling menghargai. Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan!
1. Menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia
2. Muncul sikap tenggang rasa
3. Memahami perasaan orang lain
4. Saling melengkapi satu sama lain
5. Memperkaya wawasan.

Hari ini kita sudah belajar tentang jenis-jenis pakaian dan belajar tentang menghargai perbedaan. Tetap semangat belajar dan berlatih, jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer