Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 29 Maret 2023

Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 (Rabu 29 Maret 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Rabu 29 Maret 2023
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 3 : Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran : 4

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita belajar tentang tema tujuh subtema tiga pembelajaran empat. Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat dan siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

AYO MEMBACA

Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolamrenang untuk menelepon Ibu.Dayu minta izin kepada Ibu untukmengerjakan tugas kelompok dirumah Siti.Dayu sangat bersyukurkarena ada alat bantuyang memudahkan dalamberkomunikasi. Dengan telepon,Dayu dapat langsung berbicaradan mendengarkan suara ibu.Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

ALAT KOMUNIKASI

Tulisan Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim.Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat.Melalui teleponseluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS).Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan olehteknologi komunikasi.

Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan temantemansegeramenuju rumahSiti.Merekamendapattugas untuk mencariinformasi mengenai alat komunikasi.



Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat. Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?

Kemampuan dan keterampilan setiap orangberbeda-beda. Namun, perbedaan tidakmenghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapatsaling membantu.Selain itu, kita dapat salingmelengkapi.Hal tersebut dinamakan kolaborasi.Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatanbekerja sama.

Kerja sama merupakan pengamalan silakeempat Pancasila yang berbunyi kerakyatanyang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalampermusyawaratan/perwakilan.

Apakah kemampuan setiap orang sama? ___________(Berbeda)

Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? (Kita harus menghormati, menghargai,dan menerima perbedaan sebagai hal yang positif.


Hari ini kita sudah belajar tentang kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi, bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? tetap semangat belajar dan berlatih jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer