Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Jumat, 20 September 2024

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 20 September 2024)

Hari/Tanggal                              : Jumat,  September 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Harmoni Ekosistem

2. PAK                               : Jujur

Capaian  Pembelajaran IPAS

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.

PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)

Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup jujur untuk diri pribadi dan sosial

Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup jujur 

Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup jujur dalam kehidupan sehari-hari

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengerjakan soal sumatif IPAS tentang ekosistem yang harmonis dengan baik dan menjelaskan makna jujur.

 Perhatikan pengelompokkan hewan berikut!
  1. karnivora
  2. herbivora
  3. omnivora
  4. kanibal

Pada sebuah rantai makanan terdapat konsumen tingkat 1. Hewan yang termasuk konsumen tingkat 1 ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.3

Perhatikan gambar rantai makanan berikut!

Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 2 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman
B. tikus
C. ular
D. elang

Soal No.4

Perhatikan gambar rantai makanan berikut!

Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman apel
B. rusa
C. singa
D. jamur

Soal No.5

Perhatikan rantai makan berikut!
Bunga → Kupu-kupu → Katak → ular

Berikut pernyataan yang benar tentang rantai makanan di atas yaitu ....
A. bunga dapat berfotosintesis
B. katak mendapat energi dari ular
C. ular berperan sebagai pengurai
D. kupu-kupu merupakan puncak rantai makanan

makanan. Kedua hewan ini berada pada tingkat trofik .....
A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder

Soal No.9

Perhatikan gambar di bawah!

Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15

Soal No.10

Energi yang diambil dari tumbuhan oleh hewan, ternyata akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui .....
A. buah yang dihasilkan
B. hewan yang melintas
C. nutrisi dalam tanah
D. air dalam tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 20 September 2024)

Hari/Tanggal                              : Jumat,  September 2024 Muatan  Pembelajaran              :   1.  IPAS                           ...

Postingan Populer