Hari/Tanggal : Jumat, September 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Harmoni Ekosistem
2. PAK : Jujur
Capaian Pembelajaran IPAS
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup jujur untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup jujur
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup jujur dalam kehidupan sehari-hari
- karnivora
- herbivora
- omnivora
- kanibal
Pada sebuah rantai makanan terdapat konsumen tingkat 1. Hewan yang termasuk konsumen tingkat 1 ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 2 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman
B. tikus
C. ular
D. elang
Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 pada rantai makan di atas yaitu ....
A. tanaman apel
B. rusa
C. singa
D. jamur
Perhatikan rantai makan berikut!
Bunga → Kupu-kupu → Katak → ular
Berikut pernyataan yang benar tentang rantai makanan di atas yaitu ....
A. bunga dapat berfotosintesis
B. katak mendapat energi dari ular
C. ular berperan sebagai pengurai
D. kupu-kupu merupakan puncak rantai makanan
makanan. Kedua hewan ini berada pada tingkat trofik .....
A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder
Perhatikan gambar di bawah!
Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15
Energi yang diambil dari tumbuhan oleh hewan, ternyata akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui .....
A. buah yang dihasilkan
B. hewan yang melintas
C. nutrisi dalam tanah
D. air dalam tanah
Kesimpulan :
Pada hari ini pembelajaran IPAS melaksanakan sumatif kedua (ulangan harian kedua), Alhamdulillah sumatif ipas berjalan jadi 24 peserta didik masih ada 7 siswa yang nilainya dibawah kktp.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar