Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 22 September 2024

Materi Ajar Kelas 5 (Senin 23 September 2024)

Hari/Tanggal : Senin 23 September 2024
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran : 
1. Matematika : Pecahan 
2. Bahasa Indonesia : jendela dunia

Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen Bilangan)
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran Matematika : peserta didik diharapkan dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengidentifikasi teks fiksi dan non fiksi

Matematika
 
Membandingkan Pecahan

Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar. 

Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Pecahan 2/3

Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
Smakan

Menemukan Penyebut yang Sama
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Penyebut
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.

5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
Membandingkan

6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Masih

Ayo Berlatih!

SOAL NO. 1
 Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai...

     A. ⅛                B. 3            C. ⅓            D. 4/8

 SOAL NO. 2. 
 Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. >                B. ≥                C. <                D. =

SOAL NO. 3. 
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. >                    B. ≥                C. <                        D. =

SOAL NO 4 
13
 . . . 
53

Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. >                       B. ≥                C. <                    D. =

SOAL NO.5
4/5 …. 7/10.
Tanda yang tepat diletakkan di tengah angka 4/5 dan 7/10 yaitu…
A. <         B.=                C.+                D.>



Bahasa Indonesia


Teks fiksi dan non fiksi


Mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku.
1. Sampul Buku
Perhatikan dua sampul buku berikut. Manakah yang termasuk buku fiksi dan nonfiksi? Bagaimana cara kalian mengenalinya?
Daftar Isi
2. Daftar Isi
Bagian dalam buku terdiri atas banyak halaman. Di dalamnya, terdapat daftar isi dan juga teks. Sekarang, perhatikan daftar isi dari teks berikut ini. Manakah yang merupakan daftar isi dari buku fiksi dan manakah yang merupakan daftar isi dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Sampul Buku
3. Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
FiksiNonfiksi
La Tinulu berangkat meninggalkan tempatnya untuk mencari ilmu pengetahuan. Perjalanannya cukup jauh. Ia menyeberang sungai, mendaki bukit, dan beberapa desa telah dilaluinya. Di dalam perjalanan itu bertemulah dia dengan laki-laki tua yang berteduh di bawah pohon beringin di tepi jalan. La Tinulu ikut berteduh dan duduk di sebelah laki-laki tua itu.

“Hendak ke mana, Nak? Sepertinya sudah berjalan jauh?” laki-laki tua itu bertanya sambil mengulurkan tempat air kepada La Tinulu yang terlihat kehausan. La Tinulu menerima tempat air dan meminumnya sedikit, lalu dikembalikannya kepada orang tua itu.

“Terima kasih, Pak Tua, saya berjalan tak tentu arah mencari orang yang mau menjual ilmu pengetahuan.” 

“Apa maksudmu? Menjual ilmu pengetahuan?” tanya Pak Tua.
Sultan Hasanuddin adalah salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Beliau adalah keturunan dari Raja Gowa ke-15, dan pernah memimpin kerajaan tersebut menguasai jalur perdagangan di wilayah Timur Indonesia di abad ke-17.

Sultan Hasanuddin dikenal atas perjuangannya menentang monopoli dagang rempah-rempah Kompeni Belanda VOC di Indonesia Timur. Perlawanan gigih dan berani yang dilakukan Sultan Hasanuddin membuat VOC menjulukinya Ayam Jantan dari Timur.

Akan tetapi, pada akhirnya perjuangan Sultan Hasanuddin harus berakhir saat VOC menaklukkan benteng terkuat Gowa, yaitu Benteng Somba Opu. Beliau wafat setahun setelah peristiwa ini dan dimakamkan di kompleks makam-makam Raja Gowa.

Pembahasan :
Membandingkan Isi Buku
Bagian BukuBuku ABuku B
Sampul BukuGambar  berbentuk komik, dari kata kunci kisah.Sampul yang  informatif, judul informatif, dan ilustrasi adalah gambar nyata.
Daftar IsiPembagian bab berdasarkan topik,  berdasarkan detail dari tema tata surya, bisa dibaca dimulai dari bab mana sajaPembagian bab berdasarkan momen atau kejadian, ada alur cerita jadi dibacanya dari awal sampai akhir berurut, judulnya membuat penasaran.
Isi BukuGaya bahasa, ada percakapan, ada tokoh, ada alur cerita, ada tanda kutip.Informasi, tidak ada alur cerita, tidak ada percakapan, gaya bahasa datar/lugas

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Pada materi pecahan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran atau pun sebaliknya mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa masih ada empat siswa yang belum memahami materi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS Hari ke-5 (Kamis 17 Oktober 2024)

  Hari/Tanggal             : Kamis 17 OKTOBER 2024 Muatan SAS                : 1. Matematika 2. PJOK Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar anak s...

Postingan Populer