Hari/Tanggal : Selasa 24 September 2024
Fase/Kelas : C/5
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Buku jendela dunia
2. IPAS : Sistem Pernapasan
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengidentifikasi teks fiksi dan non fiksi
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
Tujuan Pembelajaran IPAS : peserta didik dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia
Bahasa Indonesia
Teks fiksi dan non fiksi
Mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku.
1. Sampul Buku
Perhatikan dua sampul buku berikut. Manakah yang termasuk buku fiksi dan nonfiksi? Bagaimana cara kalian mengenalinya?
2. Daftar Isi
Bagian dalam buku terdiri atas banyak halaman. Di dalamnya, terdapat daftar isi dan juga teks. Sekarang, perhatikan daftar isi dari teks berikut ini. Manakah yang merupakan daftar isi dari buku fiksi dan manakah yang merupakan daftar isi dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
3. Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Fiksi | Nonfiksi |
---|---|
La Tinulu berangkat meninggalkan tempatnya untuk mencari ilmu pengetahuan. Perjalanannya cukup jauh. Ia menyeberang sungai, mendaki bukit, dan beberapa desa telah dilaluinya. Di dalam perjalanan itu bertemulah dia dengan laki-laki tua yang berteduh di bawah pohon beringin di tepi jalan. La Tinulu ikut berteduh dan duduk di sebelah laki-laki tua itu. “Hendak ke mana, Nak? Sepertinya sudah berjalan jauh?” laki-laki tua itu bertanya sambil mengulurkan tempat air kepada La Tinulu yang terlihat kehausan. La Tinulu menerima tempat air dan meminumnya sedikit, lalu dikembalikannya kepada orang tua itu. “Terima kasih, Pak Tua, saya berjalan tak tentu arah mencari orang yang mau menjual ilmu pengetahuan.” “Apa maksudmu? Menjual ilmu pengetahuan?” tanya Pak Tua. | Sultan Hasanuddin adalah salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Beliau adalah keturunan dari Raja Gowa ke-15, dan pernah memimpin kerajaan tersebut menguasai jalur perdagangan di wilayah Timur Indonesia di abad ke-17. Sultan Hasanuddin dikenal atas perjuangannya menentang monopoli dagang rempah-rempah Kompeni Belanda VOC di Indonesia Timur. Perlawanan gigih dan berani yang dilakukan Sultan Hasanuddin membuat VOC menjulukinya Ayam Jantan dari Timur. Akan tetapi, pada akhirnya perjuangan Sultan Hasanuddin harus berakhir saat VOC menaklukkan benteng terkuat Gowa, yaitu Benteng Somba Opu. Beliau wafat setahun setelah peristiwa ini dan dimakamkan di kompleks makam-makam Raja Gowa. |
Pembahasan :
Membandingkan Isi Buku | ||
---|---|---|
Bagian Buku | Buku A | Buku B |
Sampul Buku | Gambar berbentuk komik, dari kata kunci kisah. | Sampul yang informatif, judul informatif, dan ilustrasi adalah gambar nyata. |
Daftar Isi | Pembagian bab berdasarkan topik, berdasarkan detail dari tema tata surya, bisa dibaca dimulai dari bab mana saja | Pembagian bab berdasarkan momen atau kejadian, ada alur cerita jadi dibacanya dari awal sampai akhir berurut, judulnya membuat penasaran. |
Isi Buku | Gaya bahasa, ada percakapan, ada tokoh, ada alur cerita, ada tanda kutip. | Informasi, tidak ada alur cerita, tidak ada percakapan, gaya bahasa datar/lugas |
Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
IPAS
Sistem Pernapasan Manusia
Mengenal Organ Pernapasan Manusia
Organ Pernapasan Manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar