Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 29 September 2024

Materi Ajar Kelas 6 (Senin 30 September 2024)

Hari/Tanggal : Senin 30 September 2024
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : jendela dunia

Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen Bilangan)
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran Matematika : peserta didik diharapkan dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengidentifikasi teks fiksi dan non fiksi

Matematika
 
Membandingkan Pecahan

Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar. 

Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Pecahan 2/3

Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
Smakan

Menemukan Penyebut yang Sama
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Penyebut
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.

5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
Membandingkan

6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Masih

Bahasa Indonesia 
Meresensi Identitas buku

Identitas buku adalah ciri atau bagian yang melekat dari sebuah buku. Selain untuk memberi informasi kepada pembaca, identitas buku juga diperlukan agar pembaca bisa mengidentifikasi buku yang diresensi.

Secara garis besar, unsur dan jenis identitas buku memuat hal yang sama, yakni judul, penulis, tahun terbit, halaman buku, penerbit serta ISBN. Berikut unsur indentitas buku:  

Identitas buku yang dapat diidentifikasi  antara lain:
  • Judul buku
  • Nama penulis
  • Penerbit buku
  • Tahun terbit buku
  • Jumlah halaman atau tebal buku
  • Ukuran buku
  • ISBN (International Standard Book Number) 

Judul Judul menjadi unsur terpenting dalam identitas buku. Judul biasanya dituliskan di urutan pertama atau yang paling atas. 

Halaman buku 
Unsur penting lainnya dalam identitas buku ialah jumlah halaman buku. Hal ini cukup penting untuk menjadi referensi para pembaca ketika berminat untuk membeli buku tersebut. 

Penerbit 
Penerbit buku mengacu pada pihak yang mencetak buku tersebut.

ISBN 
Beberapa pembuat resensi juga mencantumkan ISBN atau International Standard Book Number. ISBN terdiri atas 13 digit nomor yang berbeda pada tiap bukunya.

Kesimpulan : 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, untuk pelajaran matematika masih ada enam siswa yg belum paham membandingkan pecahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS Hari ke-5 (Kamis 17 Oktober 2024)

  Hari/Tanggal             : Kamis 17 OKTOBER 2024 Muatan SAS                : 1. Matematika 2. PJOK Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar anak s...

Postingan Populer